MIS TLOGOPAKIS

Rabu, 23 November 2011

KURIKUKULUM MIS TLOGOPAKIS TAHUN AJARAN 2011-2012

 
SISTEMATIK PENYUSUNAN
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAAN
TIM PENYUSUN
KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang
Landasan
Tujuan Penyusunan Kurikulum
Prinsip Pengembangan Kurikulum
BAB II VISI, MISI dan TUJUAN SEKOLAH
Visi
Misi
Tujuan Sekolah
BAB III STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
Struktur Kurikulum
Muatan Kurikulum
BAB IV KALENDER PENDIDIKAN
BAB V PENUTUP
LAMPIRAN:
Contoh Silabus (Dokumen terpisah)
Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) – Dokumen terpisah
BAB PENDAHULUAN
Latar Belakang
Peralihan sistem pemerintahan dari sentralisasi ke desentralisasi telah menjadikan perubahan paradigma berbagai unsur penyelenggaraan pemerintahan, termasuk pendidikan. Hal ini telah mendorong adanya perubahan dari berbagai aspek pendidikan termasuk kurikulum. Dalam kaitan ini kurikulum sekolah dasar pun menjadi perhatian dan pemikiran-pemikiran baru sehingga mengalami perubahan- perubahan kebijakan.
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan Undang- Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 Ayat (2) ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Atas dasar pemikiran itu maka dikembangkanlah apa yang dinamakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Dengan demikian guru diharapkan menjadi lebih mengenal dengan baik dan lebih merasa memiliki kurikulum tersebut. Penyempurnaan kurikulum yang berkelanjutan merupakan keharusan agar kurikulum selalu sesuai dengan tuntutan kebutuhan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) diharapkan mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang pada jenjang pendidikan dasar bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untukhidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. KTSP dengan demikian merupakan acuan bagi perwujudan sekolah yang efektif, produktif, dan berprestasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar